Pemanfaatan bantuan Teaching Factory SMK Negeri 1 Bojonegoro

Bantuan Teaching Factory SMK Negeri 1 Bojonegoro direalisasikan pada Program Keahlian Tata Boga. Pemanfaatan bantuan ini menitik beratkan pada beberapa hal diantaranya adalah pelaksanaan workshop pengembangan Sumber Daya Manusia dalam hal ini adalah guru produktif dan peserta didik, perbaikan ruang kerja praktikum dan pengadaan alat beserta bahan praktek penunjang kegiatan pembelajaran.

Pelaksanaan workhshop terdiri dari beberapa kegiatan. Kegiatan yang pertama adalah workshop yang berisi sosialisasi bantuan Teaching Factory kepada seluruh warga SMK Negeri 1 Bojonegoro khususnya bapak ibu pengajar dan staf Tata Usaha. Kemudian dilanjutkan dengan workshop penyusunan program kerja oleh tim panitia pengembang Teaching . setelah program kerja terbentuk, selanjutnya adalah workshop penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teaching Factory. Workshop berlanjut menyusunan jadwal blok untuk merealisasikan model pembelajaran Teaching Factory. Seluruh kegiatan workshop mengundang Mitra Industri sebagai betuk dukungan untuk merealisasi Teaching Factory di SMK Negeri 1 Bojonegoro.

Rehap atau perbaikan ruang praktek dilaksanakan dalam pengembangan program tefa dengan tujuan menciptakan suasana lingkungan kerja yang menyerupai di dunia usaha/dunia industri.

Pengadaan alat praktek maupun baha praktek menjadi hal yang juga diperhatikan dalam pengembangan Teaching Factory di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Alat praktek yang diusung oleh program keahlian Tata Boga adalah perlengkapan Pastry And Bakery

Dengan adanya bantuan Teaching Factory diharapkan program keahlian Tata Boga mampu melakukan proses produksi yang baik sesuai dengan kompetensi keahlian. Selain itu diharapkan dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship untuk mampu memasarkan produk/jasa yang telah dihasilkan.

Leave a Comment